Minggu, 24 November 2013

Tugas Kewirausahaan

1.      Seperti yang anda ketahui ada 3 karakter dalam pendakian hidup, dan jelaskan. Berikanlah 3 argumen anda, apakah manusia bisa berubah dari satu karakter lain. Ajukan kiat-kiat anda  ?
Jawab :
Tiga (3) karakter dalam suatu pendakian hidup, yaitu:
-          Quiter
Quiter adalah salah satu karakter wirausaha yang cenderung menghindari tantangan berat, menolak terhadap perubahan, tidak memiliki keyakinan terhadap masa depan dan tidak adanya rasa untuk kehidupan yang lebih maju atau mendaki lebih tinggi dari keadaan sekarang
-          Camper
Camper adalah suatu karakter yang masih berusaha atau mendaki tetapi pasti akan berhenti di suatu titik saat dia merasa puas, menahan diri terhadap perubahan dan tidak memiliki prestasi yang tinggi.
-          Climber
Climber adalah karakter wirausaha yang tidak merasa puas dengan hasil yang sudah di capainya, dan selalu berusaha/mendaki ke tempat yang lebih tinggi, dan menganggap tantangan adalah bagian dari hidup.
       Menurut saya perubahan karakter dapat di rubah, dengan cara selalu berusaha dan selalu berlatih, selalu belajar dari setiap orang, setiap tempat dan di setiap kejadian.
2.      Seorang wirausaha dikenal dengan mental baja. Apa yang dimaksud mental baja. Dan pola pikir seperti apa yang dimiliki oleh seorang wirausaha dan yang membedakan seorang wirausaha dengan seorang pegawai ?
Jawab :
Mental baja, Yang dimaksud mental baja adalah suatu karakter yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan ataupun kesulitan dalam hidunya, sikap seperti ini adalah salah satu syarat seorang wirausaha yang ingin usahanya sukses, dan seorang wirausaha akan selalu berhadapan dengan tantangan dan membuat wirausa menjadi orang yang terbias menghadapi tantangan sehingga memiiki sikap mental baja. Berbeda dengan seorang pegawai yang kurang untuk menghadapi tantangan yang jika menghadapi tantangnan bisa saja di tinggalkannya jika dia merasa tidak mampu.
3.    Kreativitas merupakan pondasi dasar/ mesin penggerak. Apa yang anda ketahui dengan kreativitas. Dan apa yang anda ketahui SCUMPS dalam mengeksplorasi kreativitas ?
       Jawab :
       Kreativitas adalah suatu kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, dimana kreativitas dapat di eksplorasi dengan SCUMPS (Shape, Color, Use, Material, Part, Size). Dimana jika sesorang yang memiliki sifat kreativitas yang tinggi maka ia akan selalu bertanya mengenai SCUMPS itu, jika di menemukan suatu ide makan dapat di jadikan suatu usaha dengan mengaplikasikan SCUMPS terhadap ide yang di milikinya.
4.    ATM adalah salah satu strategi taqling, jelaskan strategi tsb dan berikan contoh ide gagasan anda dan mengaplikasikan strategi tersbut dalam rencana anda ?
       Jawab :
       ATM adalah singkatan dari Amati Tiru Modifikasi, dengan teknik ATM kita dapat membuat suatu produk dengan inovasi dari kita sendiri, contoh jika kita melihat suatu barang yang menarik, coba kita Amati, bagaimana bentuk produk, bahan produk, lalu coba kita Tiru untuk membuat produk tersebut, lalu kita Modifikasi barang tersebut sehingga menjadi suatu produk yang baru, dengan ketentuan kita menggukan merk/brand yang lain sehingga tidak adanya proses pemalsuan ataupun penipuan, karena produk yang kita buat berbeda karenan sudah kita modifikasi. 


5.  Jelaskan apa yang maksud dengan :
a.   Strategi gordon :
Dalam model Gordon yang menjadi aktivitas dasar adalah aktivitas metaforik. Melalui kegiatan metaforik ini, kreativitas menjelma menjadi proses sadar. Metafora-metafora membentuk persamaan, membedakan obyek atau ide yang satu dengan lainnya melalui obyek pengganti. Dalam kegiatan berbisnis dapat menggugah wirausaha untuk menicptakan usaha yang kreatif.
b.   Strategi Timons :
Proses kewirausahaan di awali dengan adanya inovasi yang di picu oleh factor pribadi dan factor lingkungan. Faktor pribadi yang mempengaruhi adalah locus of control, pendidikan, pengalaman, komitmen, visi, keberanian mengambil resiko,dan usia. Sedangkan factor lingkungan adalah sosiologi, organisasi, keluarga, peluang, model peran,pesaing,investor,dan kebijaksanaan pemerintah
c.   Strategi zachstars of success :
            Untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak hanya bertumpu pada pengetahuan tetapi juga                           dibutuhkan jaringan,energy,komitmen,dan gairah.
d.   Starategi cash flow robert kyosaki :
      Dalam pelaporan Cash Flow (Arus Kas), dapat kita bagi menjadi 3 bagian kegiatan:
1.       Kegiatan Operasional (Operating Activities).
2.       Kegiatan Investasi (Investing Activities).
3.       Kegiatan Keuangan (Financing Activities).
Hal utama dalam menentukan perencanaan cash flow adalah memetakan keadaan keuangan atau dana kita. Kemudian tentukan dana tersebut, apakah akan di alokasikan atau di investasikan. Kebijakan manajeman sangat berpengaruh dalam Cash Flow perusahan. Agar tak salah menentukan kebijakan, laporan Cash Flow di atas dapat di jadikan runutan dalam menentukan kebijakan yang harus di ambil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar