1.
Seperti yang anda ketahui ada 3 karakter dalam pendakian
hidup, dan jelaskan. Berikanlah 3 argumen anda, apakah manusia bisa berubah
dari satu karakter lain. Ajukan kiat-kiat anda
?
Jawab :
Tiga (3) karakter dalam suatu pendakian hidup, yaitu:
-
Quiter
Quiter adalah salah satu karakter wirausaha yang
cenderung menghindari tantangan berat, menolak terhadap perubahan, tidak
memiliki keyakinan terhadap masa depan dan tidak adanya rasa untuk kehidupan
yang lebih maju atau mendaki lebih tinggi dari keadaan sekarang
-
Camper
Camper adalah suatu karakter yang masih berusaha atau
mendaki tetapi pasti akan berhenti di suatu titik saat dia merasa puas, menahan
diri terhadap perubahan dan tidak memiliki prestasi yang tinggi.
-
Climber
Climber adalah karakter wirausaha yang tidak merasa puas dengan hasil yang
sudah di capainya, dan selalu berusaha/mendaki ke tempat yang lebih tinggi, dan
menganggap tantangan adalah bagian dari hidup.
Menurut saya perubahan karakter
dapat di rubah, dengan cara selalu berusaha dan selalu berlatih, selalu belajar
dari setiap orang, setiap tempat dan di setiap kejadian.
2.
Seorang wirausaha dikenal dengan mental baja. Apa yang
dimaksud mental baja. Dan pola pikir seperti apa yang dimiliki oleh seorang
wirausaha dan yang membedakan seorang wirausaha dengan seorang pegawai ?
Jawab :
Mental baja, Yang dimaksud mental baja adalah suatu karakter yang tidak
mudah menyerah dalam menghadapi tantangan ataupun kesulitan dalam hidunya,
sikap seperti ini adalah salah satu syarat seorang wirausaha yang ingin
usahanya sukses, dan seorang wirausaha akan selalu berhadapan dengan tantangan
dan membuat wirausa menjadi orang yang terbias menghadapi tantangan sehingga
memiiki sikap mental baja. Berbeda dengan seorang pegawai yang kurang untuk
menghadapi tantangan yang jika menghadapi tantangnan bisa saja di tinggalkannya
jika dia merasa tidak mampu.
3. Kreativitas
merupakan pondasi dasar/ mesin penggerak. Apa yang anda ketahui dengan
kreativitas. Dan apa yang anda ketahui SCUMPS dalam mengeksplorasi kreativitas
?
Jawab :
Kreativitas adalah suatu
kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan
asli, dimana kreativitas dapat di eksplorasi dengan SCUMPS (Shape, Color, Use,
Material, Part, Size). Dimana jika sesorang yang memiliki sifat kreativitas
yang tinggi maka ia akan selalu bertanya mengenai SCUMPS itu, jika di menemukan
suatu ide makan dapat di jadikan suatu usaha dengan mengaplikasikan SCUMPS
terhadap ide yang di milikinya.
4. ATM adalah salah satu strategi
taqling, jelaskan strategi tsb dan berikan contoh ide gagasan anda dan
mengaplikasikan strategi tersbut dalam rencana anda ?
Jawab
:
ATM adalah singkatan dari Amati
Tiru Modifikasi, dengan teknik ATM kita dapat membuat suatu produk dengan inovasi
dari kita sendiri, contoh jika kita melihat suatu barang yang menarik, coba
kita Amati, bagaimana bentuk produk, bahan produk, lalu coba kita Tiru untuk
membuat produk tersebut, lalu kita Modifikasi barang tersebut sehingga menjadi
suatu produk yang baru, dengan ketentuan kita menggukan merk/brand yang lain
sehingga tidak adanya proses pemalsuan ataupun penipuan, karena produk yang
kita buat berbeda karenan sudah kita modifikasi.
5. Jelaskan apa yang maksud dengan :
a. Strategi gordon :
Dalam model Gordon yang menjadi aktivitas dasar adalah aktivitas
metaforik. Melalui kegiatan metaforik ini, kreativitas menjelma menjadi proses
sadar. Metafora-metafora membentuk persamaan, membedakan obyek atau ide yang
satu dengan lainnya melalui obyek pengganti. Dalam kegiatan berbisnis dapat menggugah wirausaha untuk menicptakan usaha yang kreatif.
b. Strategi Timons :
Proses kewirausahaan di awali dengan adanya
inovasi yang di picu oleh factor pribadi dan factor lingkungan. Faktor pribadi
yang mempengaruhi adalah locus of control, pendidikan, pengalaman, komitmen, visi, keberanian mengambil resiko,dan usia. Sedangkan factor
lingkungan adalah sosiologi, organisasi, keluarga, peluang, model
peran,pesaing,investor,dan kebijaksanaan pemerintah
c. Strategi zachstars of success :
Untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak hanya bertumpu pada pengetahuan
tetapi juga dibutuhkan jaringan,energy,komitmen,dan gairah.
d. Starategi cash flow robert kyosaki :
Dalam pelaporan Cash Flow
(Arus Kas), dapat kita bagi menjadi 3 bagian kegiatan:
1.
Kegiatan Operasional (Operating
Activities).
2.
Kegiatan Investasi (Investing
Activities).
3.
Kegiatan Keuangan (Financing
Activities).
Hal utama dalam menentukan perencanaan cash flow adalah memetakan
keadaan keuangan atau dana kita. Kemudian tentukan dana tersebut, apakah akan
di alokasikan atau di investasikan. Kebijakan manajeman sangat berpengaruh
dalam Cash Flow perusahan. Agar tak salah menentukan kebijakan, laporan Cash
Flow di atas dapat di jadikan runutan dalam menentukan kebijakan yang harus di
ambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar